Pelatihan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) – Strategi, Teknik Penilaian, Perhitungan dan Implementasinya

Dalam rangka melaksanakan ketentuan Penggunaan Produk Dalam Negeri dalam pengadaan Barang Jasa dan sesuai Peraturan Menteri ESDM No. 15 Tahun 2013 tentang Penggunaan Produk Dalam Negeri serta Peraturan No. 16/M-IND/PER/2/2011 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan TKDN, maka diharapkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) mempunyai satu persamaan persepsi terhadap Peraturan-peraturan tersebut sehingga kebijakan pemerintah dalam meningkatkan Penggunaan Produk dalam negeri dapat mencapai sasaran.
Penyedia Barang / Jasa agar sejalan dan menyesuaikan dengan regulasi yang berlaku, serta dapat menghindari dari sanksi finansial terhadap perbedaan  nilai TKDN realisasi pelaksanaan yang tidak sesuai dengan nilai TKDN Penawaran.

Untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam secara komprehensif terkait TKDN, Guspenmigas menyelenggarakan pelatihan TKDN dan penghitungan TKDN. Pelatihan yang di selenggarakan pada hari Selasa, 6 September 2016 dibuka oleh Bapak Kamaluddin Hasyim selaku Direktur Eksekutif dengan penyampaian materi oleh Bapak Setio Agung Wibowo selaku Konsultan TKDN PT. Surveyor Indonesia.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan Kegiatan Training ini dilaksanakan selama satu hari dengan menggunakan metode interaktif-komunikatif ini dirasa sangat efektif oleh para peserta pelatihan. Materi training didesain sangat menarik dan terstruktur, sehingga peserta lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan. Dipandu oleh praktisi TKDN yang sudah sangat berpengalaman dalam melakukan verifikasi, training dan konsultansi TKDN, menjamin peserta training mendapatkan informasi yang akurat dan kredibel. Pada akhir training akan disampaikan beberapa studi kasus yang sering dihadapi, sehingga akan memudahkan peserta untuk secara cepat mengaplikasikan perhitungan TKDN di dalam pekerjaan sehari-hari.

Pada akhir acara, selain peserta mendapatkan sertifikat pelatihan TKDN, peserta juga mendapatkan cinderamata berupa foto dan merchandise lainnya. Pelatihan ini diselenggarakan khusus untuk para anggota Guspenmigas. Sertifikat dan lain sebagainya diserahkan kepada peserta pelatihan oleh Bapak Rey Kamal selaku Deputi Direktur dan Bapak Ghani M Hidayat selaku Staf Direktur Eksekutif Guspenmigas.

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply